PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN MUARA BULIAN

Damayanti, Ismi (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KECAMATAN MUARA BULIAN. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
ISMI DAMAYANTI SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (11MB)
[img] Text
COVER ISMI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Damayanti, Ismi 2023. Pengembangan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Muara Bulian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., (2) Uswatul Hasni, M.Pd. Kata Kunci : media pembelajaran, busy book, karakter peduli lingkungan Berdasarkan hasil pra observasi awal di TK Al-Badariyah dan TK Dharma Wanita Perumnas Kecamatan Muara Bulian, beberapa anak masih rendah rasa kepeduliannya terhadap lingkungan. Oleh karena itu, sangat penting menanamkan pendidikan karakter peduli lingkungan sejak dini, salah satunya dengan menggunakan media busy book berbasis pendidikan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media busy book yang layak sebagai media pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Muara Bulian, dan (2) mengetahui respon guru mengenai media busy book sebagai media pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di kecamatan Muara Bulian. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development, (4) tahap implementation, dan (4) tahap evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket validasi ahli media, validasi ahli materi dan angket respon guru. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 guru di TK Al-Badariyah dan 4 guru di TK Dharma Wanita Perumnas. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pertama validasi materi oleh ahli materi diperoleh hasil 90% dan tahap kedua dinyatakan layak digunakan tanpa revisi dengan persentase kelayakan sebesar 100%. Kemudian data hasil validasi ahli media diperoleh skor persentase sebesar 91,7% dan tahap validasi kedua memperoleh skor 97,9% dengan kategori sangat baik dan dinyatakan layak digunakan tanpa revisi. Media busy book dinyatakan praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 95% berdasarkan data hasil uji coba kepraktisan oleh respon guru di TK Al-Badariyah dan TK Dharma Wanita Perumnas menggunakan angket. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media busy book yang dihasilkan tersebut layak dan praktis sebagai media pembelajaran pendidikan karakter peduli lingkungan pada anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Muara Bulian.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, busy book, karakter peduli lingkungan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Damayanti
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:30
Last Modified: 15 Jun 2023 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50106

Actions (login required)

View Item View Item