PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA BELAJAR DI SMA SWASTA PELITA RAYA KOTA JAMBI

CLAUDIA, PEAVEY RESA PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA BELAJAR DI SMA SWASTA PELITA RAYA KOTA JAMBI. JURNAL PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA BELAJAR DI SMA SWASTA PELITA RAYA KOTA JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)

Abstract

ABSTRAK Claudia, Peavey Resa. 2018. Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Belajar Di SMA Swasta Pelita Raya Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Mohamad Muspawi, M.Pd.I,. Pembimbing (II) Robin Pratama, M.Pd,. Kata kunci: Pemanfaatan, Sarana dan Prasarana. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sarana dan prasarana belajar yang dimiliki serta pemanfaatan sarana dan prasarana oleh guru dan kualitas sarana dan prasarana di SMA Swasta Pelita Raya Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) yaitu suatu metode yang bertujuan untuk mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian berlangsung dengan menyuguhkan apa yang sebenarnya terjadi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Objek penelitian ini meliputi berbagai pihak yang terlibat secara khusus peserta penelitian, Kepala Sekolah, Waka Bidang Sarana dan Prasarana, dan Guru. Hasil penelitian menunjukkan sarana dan prasarana belajar di SMA Swasta Pelita Raya sudah memenuhi standar sarana dan prasarana untuk SMA, guru sangat memanfaatkan sarana dan prasarana belajar karna menunjang dalam kegiatan belajar mengajar menjadi efektif serta memudahkan guru dalam memberikan pelajaran ke siswa. Akan tetapi ditemukan kendala dalam pembaharuan. Ada beberapa sarana dan prasarana sudah tidak layak pakai tetapi belum diperbaharui oleh pihak sekolah hal ini menyebabkan terkendala nya guru dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar memberikan perhatian maksimal terhadap keadaan ruang kelas dan cepat dalam memperbaiki sarana dan prasarana belajar dikelas yang sudah tidak layak agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PEAVEY RESA CLAUDIA
Date Deposited: 28 Aug 2018 05:03
Last Modified: 28 Aug 2018 05:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item