PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KANTONG AJAIB TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA IQRA' SABILA KOTA JAMBI

Fitriani, Desy (2023) PENGARUH PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF KANTONG AJAIB TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RA IQRA' SABILA KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
DESY FITRIANI_SKRIPSI FULL TEXT.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER 1 2.pdf

Download (79kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (88kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (65kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Fitriani, Desy. 2023. Pengaruh Penerapan Alat Permainan Edukatif Kantong Ajaib Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok A di RA Iqra’ Sabila Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Indryani, S.Pd.,M.Pd.I., (II) Akhmad Fikri Rosyadi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: APE Kantong ajaib, kemampuan mengenal konsep bilangan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan APE kantong ajaib terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di RA Iqra’ Sabila Kota Jambi pada tahun ajaran 2022/2023. Rumusan Masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh dari APE Kantong ajaib terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di RA Iqra’ Sabila Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang dipakai adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini di RA Iqra’ Sabila Kota Jambi 43 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan Sampling Purposive, 15 anak. Instrumen yang digunakan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai t hitung, yaitu sebesar │15,403│ t hitung > t tabel 2,145 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Dengan interpretasi kuat dengan nilai 0,83 yang berada pada rentang tinggi dengan interpretasi kuat (Strong Effect) yakni 79 %. Dengan demikian alat permainan edukatif kantong ajaib dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini disekolah dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: APE Kantong ajaib, kemampuan mengenal konsep bilangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Fitriani
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:30
Last Modified: 15 Jun 2023 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50123

Actions (login required)

View Item View Item