Altika, Weni (2023) Analisis Penggunaan Asesmen Formatif Sebagai Alat Penilaian Perkembangan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK IT Al – Azka Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (199kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (202kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (235kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Asesmen pada PAUD dikelompokkan menjadi dua yaitu asesmen formatif dan asesmen sumatif. Asesmen formatif adalah asesmen yang bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran sedangkan asesmen sumatif adalah asesmen yang bertujuan untuk mengetahui capaian perkembangan peserta didik selama enam bulan atau satu semester yang biasanya dilakukan setelah proses belajar mengajar berakhir. Asesmen yang dibahas pada penelitian ini adalah asesmen formatif dimana peneliti ingin menganalisis penggunaan asesmen formatif di TK IT Al-Azka Kota Jambi. Asesmen formatif diindonesia kurang berjalan dengan baik dimana biasanya hasil penilaian dilakukan secara menduga-duga serta kualitas guru PAUD pada daerah-daerah perdalaman biasanya masih belum berpendidikan S-1 PG-PAUD. Tujuan peneltian ini adalah untuk menganalisis penggunaan asesmen formatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK IT Al-Azka Kota Jambi. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh mengunakan data primer dari hasil wawancara dan data sekunder dari dokumentasi. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara secara insidental atau tidak berstruktur. Informan pada penelitian ini adalah guru kelas TK IT Al-Azka Kota Jambi yang berjumlah 3 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penggunaan asesmen formatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran anak usia dini di TK IT Al-Azka Kota Jambi telah terdapat asesmen formatif akan tetapi dalam pelaksanaan asesmen formatif tersebut belum terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukkan dari pemahaman guru dalam melaksanakan asesmen belum sesuai dengan kompetensi dasar yang ada di RPP dan pada saat pelaksanaan penilaian dan pengelolaan data peserta didik, guru mengalami kesulitan seperti pada saat proses pembelajaran berlangsung guru tidak langsung mencatat penilaian perkembangan anak karena keterbatasan waktu dan kesulitan dalam mengontrol anak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Altika |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:37 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50125 |
Actions (login required)
View Item |