Mustakim, Adimas (2023) IMPLEMENTASI KONSEP BELAJAR KI HAJAR DEWANTARA DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI ABAD 21 PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI ADIMAS MUSTAKIM (A1D119157).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (200kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (193kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (130kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
Abstract
Mustakim, Adimas. 2023. Implementasi Konsep Belajar Ki Hajar Dewantara Dalam Pengembangan Kompetensi Abad 21 Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dr. Yantoro, M.Pd., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Konsep Belajar Ki Hajar Dewantara, Kurikulum Merdeka, Kompetensi Abad 21 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Konsep Belajar Ki Hajar Dewantara dalam Pengembangan Kompetensi Abad 21 pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru dan Kepala Sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menghadapi pengembangan pendidikan kompetensi di abad 21 Kemendibud meluncurkankan kurikulum merdeka yang mengimplementasikan konsep belajar Ki Hajar Dewantara. Pada pelaksanaanya di jenjang sekolah dasar dilaksanakan secara berdiferensiasi dan projek penguatan profil pelajar pancasila. Implementasi konsep belajar Ki Hajar Dewantara dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta tindak lanjut. Tahap perencanaan dilakukan dengan melakukan asesmen awal pembelajaran guna merancang modul ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Tahap pelaksanaan dilakukan secara berdiferensasi dan projek penguatan profil pelajar pancasila yang melibatkan peran orang tua dan peran masyarakat. Tahap evaluasi dilakukan melalui asesmen surmatif dan formatif. Pada setiap tahapan guru berkolaborasi dengan sesama guru kelas guna memaksimalkan pelaksanaan tahapan, serta kepala sekolah berperan penting dalam memberi dukungan, memfasilitasi, serta melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan implementasi konsep belajar Ki Hajar Dewantara dalam pengembangan kompetensi abad 21 di sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi konsep belajar Ki Hajar Dewantara dalam pengembangan kompetensi abad 21 pada pembelajaran matematika di sekolah dasar sangat berpengaruh dalam mewujudkan pelajar yang unggul dan berkarakter profil pelajar pancasila.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Belajar Ki Hajar Dewantara, Kurikulum Merdeka, Kompetensi Abad 21 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MUSTAKIM |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:36 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50175 |
Actions (login required)
View Item |