Husni, Almi Pengembangan Media Pop Up pada Pembelajaran Sejarah materi Kerajaan Hindu-Buddha Indonesia di SMAN 6 Jambi. Jurnal Pengembangan Media Pop Up pada Pembelajaran Sejarah materi Kerajaan Hindu-Buddha Indonesia di SMAN 6 Jambi.
Text
ARTIKEL ILMIAH.docx Download (204kB) |
Abstract
ABSTRAK Husni, Almi. 2018. Pengembangan Media Pop Up pada Pembelajaran Sejarah materi Kerajaan Hindu-Buddha Indonesia di SMAN 6 Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs.H. Arpizal, M.Pd., (II) Reka Seprina, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, media, pop up Media buku pop up merupakan salah satu media yang dapat dimamfaatkan dan dikembangkan oleh pendidik dalam pembelajaran sejarah. Namun jika ditelusuri secara seksama, pembelajaran sejarah identik dengan kebiasaan membaca buku paket yang tersedia, mengajar dengan metode ceramah, dengan materi sejarah yang banyak membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran sejarah dan suasana pembelajaran sejarah menjadi sangat membosankan. Media buku pop up adalah lembaran buku yang dijilid yang terdapat tulisan dan objek gambar yang seolah-olah muncul dari dalam buku yang memiliki unsur tiga dimensi. Buku pop up mempunyai kemampuan menyampaikan materi dalam bentuk gambar yang menarik karena jika setiap halaman dibuka memberi kesan unik dan seolah-olah muncul dari dalam buku sehingga memberikan pengalaman baru dalam proses penyampaian materi menjadikan pembelajaran sejarah lebih mudah diingat, dipahami dan dipelajari. Selain itu, media buku pop up juga dapat menciptakan suasana pembelajaran menjadi lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa buku pop up materi kerajaan masa Hindu-Buddha Indonesia yang dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap pembelajaran sejarah serta mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media buku pop up pada materi kerajaan masa Hindu-Buddha Indonesia. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan procedural R&D (Research and Development). Subjek uji coba kelompok terbatas sebanyak 6 orang dan uji coba kelompok luas tahap I sebanyak 15 orang dan uji coba kelompok luas tahap II sebanyak 31 orang. Jenis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, dan tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan hasil revisi produk ahli media, ahli materi, penilaian guru, dan uji coba respon siswa sebagai berikut. Revisi ahli media dilakukan sebanyak dua kali, persentase kelayakan produk 96,25% dikategorikan sangat baik. Revisi ahli materi dilakukan sebanyak tiga kali, persentase kelayakan produk 92% dikategorikan sangat baik. Persentase uji coba kelompok terbatas, uji coba kelompok luas tahap I, uji coba kelompok luas tahap II berturut-turut 87%, 87,46% dan 89,67%. Persentase tersebut termasuk di dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media buku pop up pembelajaran sejarah dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran sejarah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ALMI HUSNI |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 02:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5018 |
Actions (login required)
View Item |