Manurung, Ruth Ira Angel Br (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERORIENTASI GAYA BELAJAR VIDOKI PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (81kB) |
|
Text
SKRIPSI_RUTH IRA ANGEL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Angel, R., I., 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Gaya Belajar VIDOKI pada Materi Larutan Penyangga”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Haryanto, M.Kes (II) Drs. Affan Malik, M.E. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Gaya Belajar VIDOKI, Larutan Penyangga Kimia terdiri dari konsep sederhana hingga kompleks. Pada materi kimia khususnya larutan penyangga membutuhkan penguasaan konsep yang abstrak dan kemampuan perhitungan melalui persamaan matematis serta kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini yang membuat peserta didik harus memiliki usaha yang lebih untuk memahami pembelajaran. Berbagai faktor pembelajaran dapat mempengaruhi proses pemahaman peserta didik. Salah satunya adalah gaya belajar vidoki (visual, auditorial, dan kinestetik) yang dapat membantu peserta didik dalam belajar. Sehingga pada penelitian ini dapat dikembangkan media pembelajaran interaktif yang memenuhi aspek gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik agar pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil validasi, penilaian guru, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berorientasi gaya belajar vidoki (visual, auditori, dan kinestetik) yang dikembangkan di kelas XI MIPA SMAN 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Development dengan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penelitian berupa lembar wawancara dan angket. Produk pengembangan divalidasi oleh ahli media dan materi serta dinilai oleh guru bidang studi kimia yang selanjutnya diuji cobakan pada uji coba perorangan dan uji kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan data kuantitatif (rata-rata skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan masing masing rerata skor penilaian sebesar 4,53 (sangat baik) dengan persentase 90,6% ; 4,66 (sangat baik) dengan persentase 93%. Kemudian berdasarkan penilaian dan tanggapan guru diperoleh rerata skor sebesar 4,6 (sangat baik) dengan persentase 92% dan dinyatakan layak untuk diuji cobakan ke peserta didik. Pada tahap uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil memperoleh respon yang sangat baik dengan masing-masing persentase respon peserta didik sebesar 96% pada uji coba perorangan dan 95,4% pada uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat mendukung gaya belajar peserta didik pada pembelajaran kimia materi larutan penyangga.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Gaya Belajar VIDOKI, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Manurung |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 03:36 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50182 |
Actions (login required)
View Item |