PUTRIANA, APRILIA PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG JABUNG TIMUR. JURNAL PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG JABUNG TIMUR.
![]() |
Text
artikel.pdf Download (191kB) |
Abstract
ABSTRAK Putriana, Aprilia. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaraan IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Suratno, M.Pd, (II) Drs. H. Arpizal, M.Pd. Kata kunci: Kemandirian belajar, Fasilitas Belajar dan Hasil Belajar Nilai UTS siswa untuk hasil belajarnya masih rendah karena belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75 yang ditetapkan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. Hasil belajar merupakan suatu kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh peserta didik, seperti dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti yang dinyatakan dalam bentuk angka setelah melalui kegiatan belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sesuai dengan masalah yang dikemukakan, maka penelitian ini tergolong pada penelitian Ex-Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur kelas VIII sebanyak 134. Dengan jumlah sampel yang dihitung menggunakan rumus slovin menghasilkan jumlah sampe sebanyak 57 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Variabel kemandirian belajar (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar (Y) secara parsial dengan nilai signifikan sebesar 0,041 atau nilai signifikan kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,041 < 0,05). Sedangkan Variabel fasilitas belajar (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar (Y) secara parsial dengan nilai signifikan sebesar 0,021 atau nilai signifikan kecil dari nilai probabilitas 0,05 (0,021 < 0,05). Oleh karena itu terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar dan fasilitas terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Tanjung Jabung Timur. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur dengan taraf signifikan α = 0,05 ternyata Fhitung > Ftabel atau 4,472 > 3,16 maka Ha diterima artinya signifikan. Karena Fhitung > Ftabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | APRILIA PUTRIANA |
Date Deposited: | 29 Aug 2018 02:54 |
Last Modified: | 29 Aug 2018 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |