PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS MAN 1 KABUPATEN SAROLANGUN

NURSYAMSIAH, NURSYAMSIAH PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS MAN 1 KABUPATEN SAROLANGUN. JURNAL PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS MAN 1 KABUPATEN SAROLANGUN.

[img] Text
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA.pdf

Download (208kB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas belajar siswa merupakan suatu hal yang harus ditumbuhkan dalam kegiatan belajar khusus pada mata pelajaran sejarah. Meningkatkan kreativitas belajar siswa akan membuat siswa tersebut semakin mampu memahami tentang mata pelajaran sejarah. Namun pada nyatanya masih banyak siswa yang masih terlihat kreativitasnya masih kurang. Penelitian tentang kreativitas belajar ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai Pengaruh Minat Belajar dan Kemandirian Belajar siswa Terhadap Kreativitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kabupaten Sarolangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah 40siswaInstrumen yang digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan minat belajarterhadap kreativitas belajar sejarah siswa kelas x ips man 1 kabupaten sarolangun.dengan nilai sig 0,045 lebih kecil dari 0,05. Ada pengaruh signifikan kemandirian belajar siswa terhadap kreativitas belajar sejarah siswa kelas x ips man 1 kabupaten sarolangun dengan nilai sig 0,001 lebih kecil dari 0,05. Dan ada pengaruh signifikan minat belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap kreativitas belajar sejarah siswa kelas X IPS MAN 1 kabupaten sarolangun. dengan nilai f hitung 9,229>f tabel 3.25 pada signifikansi 0,001 serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,333 atau 33,3 persen. Maka dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan kemandirian belajar siswa memiliki pengaruh sangat tinggi, terhadap kreativitas beajar khususnya pada siswa klas X IPS MAN 1 Kabupaten Sarolangun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan adalah penelitian ini berguna sebagai bahan informasi dan masukan bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sarolangun sehiggga bisa meningkatkan kreativitasnya yang lebih baik. Belajar ilmu sejarah dengan sungguh-sungguh sehingga dapat menambah wawasan. Dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi informasi yang berguna bagi peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR SYAMSIAH
Date Deposited: 29 Aug 2018 04:26
Last Modified: 29 Aug 2018 04:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item