PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X MIPA SMA

NASELIA VILASTA, WANGI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X MIPA SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI KELAS X MIPA SMA.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (784kB)

Abstract

ABSTRAK Naselia, Wangi 2018. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Dengan Aplikasi Lectora Inspire untuk Materi Reaksi Reduksi dan Oksidasi Kelas X MIPA SMA”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Haryanto, M.Kes (II) Drs. Abu Bakar, M.Pd Kata Kunci : Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Reaksi Redoks Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung telah banyak dikembangkan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu seorang guru dituntut untuk bisa menghadirkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan multimedia pembealajaran merupakan salah satu cara agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta melihat respon siswa terhadap multimedia pembelajaran menggunakan lectora inspire pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan kerangkan ADDIE yang mana memiliki 5 tahap yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualilatif berupa saran-saran dari hasil validasi oleh para ahli sedangkan data kuantitatif berupa angka dari angket yang diisi siswa setelah menggunakan media. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah multimedia pembelajaran kimia yang dibuat menggunakan Aplikasi Lectora Inspire. Pada produk yang telah jadi lalu divalidasi dan dilakukan revisi berdasarkan saran-saran ahli, validasi ahli materi yang dibuat sesuai, serta validasi ahli materi dengan hasil akhir diperoleh saran dan komentar yang berisikan bahwa multimedia pembelajaran kimia yang dikembangkan telah sesuai dan layak diujicobakan, Serta berdasarkan dari respon guru yang berisikan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa. Pada penelitian ini ujicoba dilakukan pada kelompok kecil, respon siswa terhadap media sebesar 93,06% dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran ini sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk materi reaksi redoks.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: WANGI NASELIA V
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:42
Last Modified: 29 Aug 2018 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5024

Actions (login required)

View Item View Item