Haryani, Fitri (2023) Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme dan Kontrol Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIX NIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN FITRI.pdf Download (69kB) |
Abstract
Haryani, Fitri. 2023. Pengaruh Gaya Hedonisme Dan Kontrol Diri Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Skripsi: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd (II) Nurmala Sari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Gaya Hidup Hedonisme, Kontrol Diri, Prestasi Belajar Berdasarkan hasil observasi terhadap mahasiswa jurusan PIPS FKIP terkait dengan gaya hidup hedonisme yang tinggi, dan kontrol diri masih yang kurang baik maka dari itu mahsiswa banyak mendapatkan prestasi belajar atau Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu gaya hidup hedonisme dan kontrol diri terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan pada Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Jambi Februari 2023. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2020 melalui Google Form. Setelah angket dibagikan, data dianalisis secara kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup hedonisme dan kontrol diri mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan PIPS yang mana faktor yang mempengaruhi nya yaitu gaya hidup hedonisme mahasiswa yang rendah dan kontrol diri mahasiswa yang tinggi akan sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan (1) terdapat pengaruh negatif gaya hidup hedonisme terhadap prestasi belajar, dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu -6,430 > 1,978 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Maka dapat dijelaskan jika tingkat gaya hidup hedonisme mahasiswa tinggi, maka prestasi belajar akan menurun begitu pula sebaliknya. (2) terdapat pengaruh positif kontrol diri terhadap prestasi belajar, dengn nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,171 > 1,978 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Maka dapat dijelaskan jika tingkat kontrol diri mahasiswa tinggi, maka prestasi belajar akan meningkat begitu pula sebaliknya. (3) terdapat pengaruh gaya hidup hedonisme dan kontrol diri terhadap prestasi belajar, dengn nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 38,420 > 3,065 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan besaran R Square 0,550 atau 55%. Hal ini berarti semakin rendah gaya hidup hedonisme dan kontrol diri yang tinggi akan cenderung mendapatkan prestasi belajar yang baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa untuk mengurangi gaya hidup hedonisme dan meningkatkan kontrol diri agar dapat meningkatkan prestasi belajar dengan baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Hidup Hedonisme, Kontrol Diri, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Haryani |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:44 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |