PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN 3D PAGEFLIP MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI IIS SMA 4 KOTA JAMBI

MAULANA, A. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN 3D PAGEFLIP MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI IIS SMA 4 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN 3D PAGEFLIP MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK SISWA KELAS XI IIS SMA 4 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (993kB)

Abstract

ABSTRAK Maulana, Ahmad 2018. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran 3D Pageflip Materi Pendudukan Jepang di Indonesia untuk Siswa Kelas XI IIS SMA 4 Kota Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum, M.Pd (II) Siti Syuhada, S.Pd, M.E Kata Kunci : Media Pembelajaran, 3D Pageflip, Pendudukan Jepang di Indonesia Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam beberapa dekade terakhir berjalan sangat cepat. Berbagai teknologi dan aplikasi pendukung telah banyak dikembangkan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu seorang guru dituntut untuk bisa menghadirkan teknologi dalam proses pembelajaran. Penggunaan multimedia pembelajaran merupakan salah satu cara agar proses pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan serta melihat respon siswa terhadap multimedia pembelajaran menggunakan 3D Pageflip pada materi Pendudukan Jepang di Indonesia di kelas XI IIS SMA 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan kerangkan ADDIE yang mana memiliki 5 tahap yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualilatif berupa saran-saran dari hasil validasi oleh para ahli sedangkan data kuantitatif berupa angka dari angket yang diisi siswa setelah menggunakan media. Pada produk yang telah jadi lalu divalidasi dan dilakukan revisi berdasarkan saran-saran ahli, validasi yang dilakukan berupa validasi desain pembelajaran yang disusun berdasarkan desain pembelajaran model Keemp, validasi ahli materi yang dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip Mayer, serta validasi ahli materi dengan hasil akhir diperoleh saran dan komentar yang berisikan bahwa multimedia pembelajaran sejarah yang dikembangkan telah sesuai dan layak diujicobakan. Serta berdasarkan dari respon guru yang berisikan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan telah sesuai dan layak untuk diujicobakan pada siswa. Pada penelitian ini ujicoba dilakukan pada kelompok kecil, respon siswa terhadap media sebesar 93,06% dan pada kelompok besar respon siswa sebesar 95,75% dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa prosedur pengembangan saat mengembangkan multimedia ini sudah menggunakan kerangka ADDIE, validator telah menyatakan bahwa multimedia pembelajaran ini layak untuk di ujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar, serta berdasarkan respon guru menyatakan bahwa multimedia ini sesuai dan layak untuk diujicobakan dan respon siswa pada multimedia pembelajaran ini sangat baik yang mana dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk materi pendudukan Jepang di Indonesia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: A MAULANA
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:42
Last Modified: 29 Aug 2018 07:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5025

Actions (login required)

View Item View Item