Pengaruh Literasi Keuangan dan Iklan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Mahasiswa PIPS Universitas Jambi Angkatan 2020

Anggriani, Agustina (2023) Pengaruh Literasi Keuangan dan Iklan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Mahasiswa PIPS Universitas Jambi Angkatan 2020. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Cover 2 halaman.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Agustina Anggriani (A1A119079).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (329kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Anggriani, Agustina. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan Dan Iklan Terhadap Minat Menggunakan E-Money Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi angkatan 2020 : Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Dr Rosmiati, S.Pd., M.Pd., (II) Destri Yaldi, S.Pd., M.Pd.E. Kata Kunci : Literasi Keuangan, Iklan, Minat Menggunakan E-Money. Minat menggunakan e-money yang rendah seringkali terjadi di kalangan mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi angkatan 2020. Hasil observasi penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan dan iklan mahasiswa sebagai dasar teori dan control tindakan meningkatkan minat yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan iklan terhadap minat menggunakan e-money mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini terbatas pada mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 2020 dengan pengambilan sampel sebanyak 132 mahasiswa menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup melalui google form. Pengujian data menggunakan analisis deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan Literasi Keuangan (X_1) terhadap Minat Menggunakan E-Money (Y) mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi. Hal tersebut dibuktikan melalui uji t, terlihat bahwa nilai t_hitung > t_tabel yakni 8,195 > 1,656659. Selanjutnya, terdapat pengaruh secara signifikan Iklan (X_2) terhadap Minat Menggunakan E-Money (Y) mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi. Hak tersebut dibuktikan melalui uji t, terlihat bahwa nilai t_hitung > t_tabel yakni 11,158 > 1,656659. Secara simultan terdapat pengaruh Literasi Keuangan (X_1) dan Iklan (X_2) terhadap Minat Menggunakan E-Money (Y) mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jambi. Hal tersebut dapat dilihat hasil uji F, nilai F_hitung > F_tabel yakni 62,641 > 3,07. Hasil koefisien determinasi (R^2) sebesar 0,493. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar mahasiswa mampu meningkatkan minat dalam menggunakan e-money melalui literasi keuangan yang baik dan melihat iklan yang menarik agar dapat menjalankan fungsi e-money dengan sesuai kebutuhan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Iklan, Minat Menggunakan E-Money
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ANGGRIANI
Date Deposited: 15 Jun 2023 06:45
Last Modified: 15 Jun 2023 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50260

Actions (login required)

View Item View Item