Habibie, M. (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal (local wisdom) dengan model PBL pada materi Usaha dan Pesawat Sederhana di SMPN Kota Jambi. S2 thesis, Magister Pendidikan IPA.
Full text not available from this repository.Abstract
Kearifan lokal merupakan bagian dari budaya suatu masyarakat yang tidak dapat dipisahkan dari bahasa masyarakat itu sendiri. Kearifan lokal biasanya diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi melalui cerita dari mulut ke mulut dan kearifan lokal bisa sebagai salah satu contoh wahana untuk menumbuhkan kemampuan berpikir peserta didik dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMPN 17 Kota Jambi diperoleh bahwa rancangan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh para guru hanya sekedar formalitas saja. Sehingga banyak ditemukan proses belajar mengajar yang tidak sesuai dengan rancangan perangkat pembelajaran yang sudah dibuat sebelumnya, seperti pada silabus, RPP yang didalamnya terdapat formula pembelajaran seperti buku, video, power point ataupun perangkat lain yang mendukung dari proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal pada usaha dan pesawat sederhana. Perangkat pembelajaran merupakan keseluruhan perangkat yang digunakan para guru untuk melaksanakan pembelajaran di dalam sekolah atau di luar sekolah. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. dan disseminate. Subjek penelitian ini yaitu, validator ahli materi dan ahli media serta vaidator praktisi yaitu guru di SMP 17 Kota Jambi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar validasi ahli, dan dokumentasi. Data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal ini dapat dijadikan konteks permasalahan untuk menggali konsep sains, terutama pada konsep IPA di SMP. validasi ahli media RPP mendapat skor 72 dari 90 skor maximal dan berada pada interval 76 – 90 dengan kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 4 dan persentase 80%. Pada validasi ahli media LK divalidasi medapat skor 48 dari 60 skor maximal dan berada pada interval 42 – 51.6 dengan kategori “Baik” dengan rata-rata 4,00 dan persentase 80,00%. Seanjut nya validasi ahli materi LK mendapat skor 39 dari 45 skor maximal dan berada pada interval 38,2 – 45 dengan kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 7,8 dan persentase 86,67%. Dan validasi ahli materi RPP mendapat skor 87 dari 100 skor maximal dan berada pada interval 88 – 100 dengan kategori “Sangat Baik” dengan rata-rata 4.35 dan persentase 87%.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Depositing User: | HABIBIE |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 02:54 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50262 |
Actions (login required)
View Item |