PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI

Anira Radika, Okta (2023) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI OKTA RV 9.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK OKTA-1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
pengesahan OKTA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I OKTA-1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB V OKTA-1.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA OKTA-1.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Okta Anira Radika. 2023. Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Token Economy untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd. dan pembimbing (2) Hera Wahyuni S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Token Economy, Konseling Kelompok, Disiplin Belajar. Disiplin belajar sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan seharihari, tapi juga sering menjadi masalah siswa di sekolah. Berbagai pelanggaran mengenai disiplin belajar seperti tidak disiplin waktu dan tidak mematuhi peraturan sekolah sangat sering terjadi di kalangan siswa sekolah. Berdasarkan observasi langsung di SMP Negeri 11 Muaro Jambi, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat disiplin belajar siswa kelas VIII menunjukkan hasil yang rendah. Artinya, terdapat banyak ketidak disiplinan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII. Dengan menggunakan modifikasi Teknik Token Economy dalam layanan konseling kelompok dapat meningkatkan tingkat disiplin siswa. Tujuan penelitian ni adalah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah melalui layanan konseling kelompok dengan modifikasi Teknik Token Economy di SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Kriteria pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah 10 orang siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 2 tindakan. Penelitian ini terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perilaku disiplin siswa setiap siklusnya. Pada siklus I peneliti menyelenggarakan konseling kelompok dimana perolehan rata-rata persentase sebesar 23% yang mana berada pada kategori “Rendah”. Pada siklus II peneliti menyelenggarakan konseling kelompok yang terdiri atas dua pertemuan. Hasil pada siklus II menunjukkan persentase sebesar 53% yang dikategorikan “Sedang”. Pada siklus III peneliti menyelenggarakan konseling kelompok dimana diperoleh presentase dengan ratarata sebesar 82% yang dikategorikan berada dalam kategori “Tinggi”.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Token Economy, Konseling Kelompok, Disiplin Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: RADIKA
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:03
Last Modified: 16 Jun 2023 03:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50322

Actions (login required)

View Item View Item