Mullatifa, Syah Raihan PENGARUH INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMK REVANY INDRA PUTRA KOTA JAMBI. Universitas Jambi. ISSN 1234 (Submitted)
Text
COVER.pdf Download (187kB) |
|
Text
pengesahan mullatifa.pdf Download (226kB) |
|
Text
Bab I_Syah Raihan Mullatifa.pdf Download (200kB) |
|
Text
Bab V_Syah Raihan Mullatifa.pdf Download (91kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Syah Raihan Mullatifa.pdf Download (136kB) |
|
Text
Skripsi Final_Syah Raihan Mullatifa...pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi mengenai siswa yang menghabiskan waktu untuk bermain game online mobile legends (ML) lebih dari 4 jam dalam sehari. Dari keterangan yang didapat, siswa mengatakan pada saat pelajaran tertentu maupun guru tertentu ia akan mencari kesempatan untuk bermain game online di saat guru sedang menerangkan materi, hal itu dikarenakan siswa tidak paham akan materi yang dipelajarinya dan sangat sulit bagi siswa untuk bisa berkonsentrasi disaat pikirannya terfokus pada game online. Intensitas bermain game adalah seberapa banyak waktu yang digunakan untuk bermain game adapun unsur yang mempengaruhi intensitas bermain game online adalah keinginan, rasa bosan, kurangnya kontrol diri, lingkungan dan hubungan sosial. Konsentrasi belajar adalah segenap rangkaian aktivitas yang dilakukan dengan menambah pengetahuan secara sadar kearah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas bermain game online terhadap konsentrasi belajar siswa.Agar penelitian ini tidak menyimpang dengan yang dimaksud maka dibatasi dalam intensitas bermain game online dilihat dari lama mengakses, kondisi psikologis dan tujuan dari bermain. Sedangkan untuk konsentrasi belajar dibatasi dari memusatkan perhatian, perubahan tingkah laku, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Revany Indra Putra Kota Jambi sebanyak 50 siswa dengan teknik penarikan sample purposive sampling. Alat dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi sederhana melalui SPSS 24. Dengan hasil penelitian menunjukkan pengaruh intensitas bermain game online dikategorikan tinggi dengan persentase sebesar 70,84% sedangkan untuk konsentrasi belajar masuk kategori sedang dengan persentase sebesar 58,75%, serta pengaruh intensitas bermain game online terhadap konsentrasi belajar siswa diperoleh dalam penelitian ini yaitu 0,101 atau 10,1%. penelitian ini menunjukkan pengaruh yang rendah tapi pasti antara intensitas bermain game online terhadap konsentrasi belajar siswa di SMK Revany Indra Putra Kota Jambi. Kata kunci: Intensitas bermain game online, konsentrasi belajar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | MULLATIFA |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 03:05 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 03:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50327 |
Actions (login required)
View Item |