Strategi Guru Mewujudkan Kemampuan Bernalar Kritis Dalam Mencapai Profil Pelajar Pancasila Kelas I pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 198/I Pasar Baru

Juliansyah, Juliansyah (2023) Strategi Guru Mewujudkan Kemampuan Bernalar Kritis Dalam Mencapai Profil Pelajar Pancasila Kelas I pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 198/I Pasar Baru. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Skripsi Juliansyah A1D119063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (130kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru mewujudkan kemampuan bernalar kritis dalam mencapai Profil Pelajar Pancasila kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 198/I Pasar Baru. Metode penelitian dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan berupa penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan peneliti adalah menggunakan fenomenologi. Fenomenalogi merupakan jenis penelitian yang didasarkan kejadian yang ada di lapangan. Peneliti juga langsung melakukan penelitian dengan mengumpulkan data di lapangan. Hasil penelitian berupa strategi guru mewujudkan kemampuan bernalar kritis dalam mencapai profil pelajar pancasila di kelas 1 pada mata pelajaran bahasa Indonesia SD Negeri 198/1 Pasar Baru yang mengacu pada 3 elemen kemampuan bernalar kritis meliputi: 1) kegiatan mendapatkan dan memproses informasi dan gagasan yang mendapatkan hasil berupa strategi yang dilakukan guru adalah dengan meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik, mengkondisikan kelas, merancang variasi dalam pembelajaran, membuat modul ajar yang mengacu pada kegiatan bernalar kritis dan melakukan kegiatan tanya jawab. 2) menganalisis dan mengevaluasi penalaran yang mendapatkan hasil berupa strategi yang dilakukan guru adalah dengan melakukan kegiatan pembelajaran dengan permainan, kegiatan pembelajaran dengan menyelesaikan suatu persoalan, dan mengajak peserta didik untuk mengajukan pendapat. 3) merefleksi dan mengevaluasi pemikiran yang mendapatkan hasil berupa strategi yang dilakukan guru adalah mengevaluasi kemampuan peserta didik, kegiatan mengingat kembali, dan kegiatan menyimpulkan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi guru dalam mewujudkan kemampuan bernalar kritis di kelas 1 sudah baik dengan berbagai strategi yang dilakukan oleh guru yang mengacu kepada tiga elemen bernalar kritis yaitu mendapatkan dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, dan merefleksi dan mengevaluasi pemikiran.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bernalar Kritis, Profil Pelajar Pancasila.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Juliansyah
Date Deposited: 16 Jun 2023 02:50
Last Modified: 16 Jun 2023 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50329

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item