Pengaruh Model Kooperatif Team Games Tournament Terhadap Hasil Pembelajaran Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Kota Jambi Tahun Ajaran 2023

Azhary, Fitriyani (2023) Pengaruh Model Kooperatif Team Games Tournament Terhadap Hasil Pembelajaran Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Kota Jambi Tahun Ajaran 2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (388kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi siswa kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi 2 Jambi dengan pendekatan quasi exsperiment design serta menerapkan pretest posttest. Populasi penelitian terdiri dari keseluruhan siswa di kelas VIII SMP yang terdiri dari 5 kelas dan sampel penelitian kelas ditetapkan pada kelas VIII D berjumlah 24 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E berjumlah 26 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yang mana membutuhkan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian setelah diketahui data normal dan homogen dilanjutkan dengan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang memperoleh rata-rata 88,65 sedangkan kelas kontrol tanpa perlakuan memperoleh rata-rata 75,42 berdasarkan uji t-test yang menunjukkan nilai sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan terhadap variabel yag diuji, maka model pembelajaran TGT dapat memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa mengidentifikasi unsur pembangun puisi kelas VIII SMP IT Nurul Ilmi 2 Jambi. Kata kunci: model TGT, hasil pembelajaran teks puisi. This study aims to determine the significance of the effect of learning team of game tournament (TGT) to learn the result of identifying elements of the student's blood female poetry class of SPP ITI Nurul Ilmi 2 Jambi with the quasi excessiment design approach and apply pretest posttest. The population of the study consisted of the overall students in the VIII class SMP consisting of 5 classes and class sample sized on the Class VIII d amounted to 24 people as the control class and class VIII E totaling 26 people as an experiment class. Data analysis techniques first conduct prerequisites testing which require normality test and homogeneity test later after known normal and homogeneous data continued with hypothesis test (T-Test). The results showed an experiment class that received 88.65 average while the control-class treatment obtained an average of 75.42 based on t-test tests showing the SIG value. (2 tailed) 0.000 <0.05 which means there is a difference to the tested variable, the TGT learning model can have a significant effect on student learning outcomes identify elements of PVIIERS Builders VIII SMP It Nurul Ilmi 2 Jambi. Keywords: model TGT, text learning of poetry text.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Text Learning Of Poetry Text.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Azhary
Date Deposited: 16 Jun 2023 07:04
Last Modified: 16 Jun 2023 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50370

Actions (login required)

View Item View Item