Tiaradipa, Syafira PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTOR PADA PRAKTIKUM LARUTAN ASAM DAN BASA KELAS XI SMA. Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor pada Praktikum Larutan Asam dan Basa Kelas XI SMA.
Text
ARTIKEL FIRA.pdf Download (344kB) |
Abstract
Instrumen atau perangkat penilaian memegang peranan penting dalam menentukan mutu penilaian. Penilaian aspek psikomotor peserta didik dapat dilakukan dengan mengamati unjuk kerja dalam melaksanakan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan dan mengukur respon pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor peserta didik pada materi larutan asam dan basa. Pengembangan instrumen ini meliputi uji kelayakan berdasarkan validasi ahli (materi dan konstruk) dan respons pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor yang dikembangkan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model yang dimodifikasi oleh Supardi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara kuantitatif menggunakan skala Likert dan kualitatif menggunakan analisis Cresswell. Validasi ahli materi dan dan konstruk masing-masing dilakukan sebanyak dua kali. Hasil dari respon pendidik terhadap instrumen penilaian psikomotor yang telah dikembangkan memiliki persentase untuk aspek materi 81%, konstruk 82%, objektivitas 87%, sistematis 84% dan praktikabilitas 81% sehingga berdasarkan aspek-aspek tersebut instrumen penilaian psikomotor memiliki kriteria sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor pada praktikum larutan asam dan basa dapat digunakan sebagai alat ukur untuk menilai kemampuan psikomotor peserta didik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | SYAFIRA TIARADIPA |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 09:03 |
Last Modified: | 03 Sep 2018 09:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5038 |
Actions (login required)
View Item |