MUHAJIRIN, MUHAJIRIN HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH PERPAJAKAN PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNJA. JURNAL HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH PERPAJAKAN PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNJA.
![]() |
Text
ARTIKEL.pdf Download (10kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhajirin. 2018. Hubungan Kemandirian Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Perpajakan Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNJA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dra. Hj. May Maemunah, ME. (2) Iwan Putra, SE, M.S.Ak. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar Mata Kuliah Perpajakan adalah salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program Pendidikan Ekonomi FKIP UNJA. Bagi mahasiswa yang sebelumnya berasal dari SMK atau SMA jurusan IPS mungkin lebih mudah memahaminya namun pada kenyataannya, nilai hasil belajar mereka kurang memuaskan. Berdasarkan survei awal yang dilakukan pada mahasiswa angkatan 2016 dari tiga kelas yang ada, terdapat beberapa mahasiswa memperoleh nilai E yang berarti gagal dalam mata kuliah tersebut dan harus mengikuti mata kuliah ini lagi pada semester berikutnya (mengulang/perbaikan) dan beberapa lainnya juga ada yang memperoleh nilai D (kurang). Kurangnya hasil belajar ini disebabkan banyak faktor diantaranya adalah kemandirian mahasiswa dan pemanfaatan sumber belajar yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Perpajakan Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNJA. (2) hubungan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Perpajakan Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNJA. (3) hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Perpajakan Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNJA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 38 orang mahasiswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket kemudian diolah secara statistik dengan bantuan program SPSS for windows 16. Hasil penelitian menunjukkan terdapat Terdapat hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar dilihat dari nilai koefisien korelasi sederhana sebesar 0,676. Terdapat hubungan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sederhana sebesar 0,742. Terdapat hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar mahasiswa ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi ganda/r = 0,776. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada mahasiswa agar mahasiswa meningkatkan kemandirian belajarnya dan memanfaatkan sumber belajar sehingga hasil belajar lebih baik. adapun hasil belajar yang rendah diharapkan mahasiswa semangat untuk memperbaikinya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUHAJIRIN |
Date Deposited: | 03 Sep 2018 06:54 |
Last Modified: | 03 Sep 2018 06:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |