Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Guru Dikelas Awal Di SDN 3/V Kuala Tungkal

Putri, Nurhaliza Aulia (2023) Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Guru Dikelas Awal Di SDN 3/V Kuala Tungkal. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
_A1D118054_Nurhaliza Aulia Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
COVER JUDUL.pdf

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (649kB)
Official URL: https://repository unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Putri, Nurhaliza A. Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Guru Dikelas Awal Di SDN 03/V Kuala Tungkal: Skripsi Jurusan Anak Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dasar. FKIP. Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd, (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran berbasis teknologi, kemampuan TPACK guru sekolah dasar, dampak teknologi pada pembelajaran masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan peneliti berupa fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan Technologi Pedagogical Content Knowledge(TPACK) pada dikelas rendah di SDN 03/V Kuala Tungkal dengan cara mengamati langsung fenomena yang terjadi dilapangan. Sumber data juga diperoleh dari wali kelas dengan melakukan wawancara serta dokumentasi untuk pengumpulan data. Ada tiga hal yang berperan penting pada pembelajaran berbasis TPACK ini (1) technologi (2) pedagogical, dan (3) content knowledge. Dimana tiga hal penting itu berkaitan erat pada proses pembelajaran pada era sekarang ini. Dalam hal ini guru harus dapat menanamkan tiga hal tersebut dalam diri mereka agar dapar menjadi guru masa depan yang terus mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan. Adapun beberapa hal yang dapat menghambat berkembangnya pengetahuan guru dalam proses pembelajaran berbasis TPACK ini, salah satunya masalah ketersediaanya fasilitas pendukung, sumber daya manusia itu sendiri, dan beberapa hal lainnya. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa guru sebelumnya telah menggunakan pembelajaran berbasis TPACK sebelumnya, akan tetapi istilah TPACK itu sendiri masih asing didengar oleh guru itu sendiri. Dan proses pembelajaran menggunakan teknologi itu sendiri mulai melonjak digunakan pada saat covid-19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan dengan cara pembelajaran jarak jauh. Dimana pembelajaran jarak jauh itu sendiri menggunakan teknologi sebagai faktor utama agar proses pembelajaran dapat berlangsung. Contoh proses pembelajaran jarak jauh yang digunakan adalah dengan media internet berupa whatsapp, youtube, zoom, google chrome dan lain sebagainya. Tidak dapat dipungkiri masih ada beberapa guru yang gagap akan teknologi dikarenakan beberapa faktor. Disarankan untuk guru agar selalu meninjau perkembangan proses pembelajaran dalam dunia pendidikan karena itu penting untuk menjadi guru professional dan guru masa depan. Karena itu carilah dan pelajarilah apa yang dunia pendidikan itu lakukan agar kita dapat merasakan,memajukan dan mensejahterakan siswa-siswi kita agar tidak ketinggalan betapa majunya pendidikan dizaman sekarang ini.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tecknological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:34
Last Modified: 19 Jun 2023 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50404

Actions (login required)

View Item View Item