PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA PRAKTIKUM REAKSI ALKALI DAN ALKALI TANAH DI KELAS XII SMAPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA PRAKTIKUM REAKSI ALKALI DAN ALKALI TANAH DI KELAS XII SMA

Alponita, Feni and Muhaimin, Muhaimin and Syahri, Wilda PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA PRAKTIKUM REAKSI ALKALI DAN ALKALI TANAH DI KELAS XII SMAPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA PRAKTIKUM REAKSI ALKALI DAN ALKALI TANAH DI KELAS XII SMA. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA PRAKTIKUM REAKSI ALKALI DAN ALKALI TANAH DI KELAS XII SMAPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA PRAKTI.

[img] Text
FENI ALPONITA A1C114016.pdf

Download (932kB)

Abstract

Kegiatan di laboratorium merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran kimia dan membuat konsep-konsep kimia yang abstrak menjadi konkret serta membuat materi kimia lebih mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara mengembangkan media pembelajaran Laboratorium Virtual Reaksi Alkali dan Alkali Tanah (LVRADAT) dan mengetahui respon pendidik terhadap LVRADAT yang dikembangkan. Pengembangan LVRADAT meliputi uji kelayakan berdasarkan validasi ahli (materi dan media), penilaian guru serta respon dari peserta didik terhadap LVRADAT yang dikembangkan. Desain yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan kerangka pengembangan ADDIE. Hasil validasi oleh ahli pada tahap pengembangan menyatakan bahwa LVRADAT layak digunakan untuk uji coba di lapangan. Penilaian guru kimia di SMAN 1 Batanghari memberikan hasil sangat baik dan hasil dari respon peserta didik terhadap LVRADAT yang telah dikembangkan memiliki skor 86,5% yang berarti sangat baik.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LVRADAT yang dikembangkan telah melalui tahap pengembangan dan mendapat respon sangat baik dari peserta didik. Dengan demikian LVRADAT dapat digunakan sebagai digunakan sebagai media pembelajaran pada praktikum reaksi alkali dan alkali tanah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: FENI ALPONITA
Date Deposited: 03 Sep 2018 09:03
Last Modified: 03 Sep 2018 09:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item