Fadillah, Putri (2023) KAJIAN NILAI KARAKTER PADA BUKU TEMATIK PEGANGAN PESERTA DIDIK KELAS III SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover dan Judul.pdf Download (15kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan dan Halaman Pengesahan.pdf Download (63kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (377kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (118kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (241kB) |
|
Text
Skripsi Putri Fadillah_A1D119054__.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (30kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai karakter pada Buku Tematik Pegangan Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Teratai, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi pada bulan Desember 2022 sampai bulan April 2023. Penelitian ini menggunakan data dan sumber data. Data penelitian ini berupa kesesuaian muatan nilai 18 karakter dengan konten-konten pada materi. Sedangkan sumber data penelitian ini berupa Buku Tematik Pegangan Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten-konten pada setiap Tema 1 sampai Tema 8 dalam Buku Tematik Pegangan Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di setiap tema pada Buku Tematik Peserta Didik Kelas III memuat nilai-nilai karakter yang berbeda-beda. Adapun Keseluruhan Tema 1 sampai dengan Tema 8 mengandung 18 nilai-nilai karakter yang terdiri dari karakter kerja keras, gemar membaca, disiplin, kreatif, bersahabat/komunikatif, bertanggung jawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, peduli sosial, demokratis, toleransi, religius, mandiri, cinta tanah air, cinta damai. jujur, menghargai prestasi, dan semangat kebangsaan. Nilai-nilai karakter tersebut terkandung dalam setiap isi kegiatan pembelajaran yang ada pada Tema 1 sampai dengan Tema 8. Isi kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan Ayo Mengamati, Ayo Membaca, Ayo Mencoba, Ayo Berlatih, Ayo Bercerita, Ayo Berkreasi, Ayo Beraktivitas, Ayo Bernyanyi, Ayo Menari, Ayo Bermain Peran, Ayo Berdiskusi, Ayo Menulis, dan Kegiatan Bersama Orang Tua. Dari hasil penelitian ini diharapkan pendidik dapat mengetahui apa-apa saja nilai karakter yang terkandung dalam buku tersebut dan mampu membantu peserta didik membentuk nilai-nilai karakter peserta didik di setiap kegiatan pembelajarannya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter, Buku Tematik, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Fadillah |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 01:23 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 01:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50427 |
Actions (login required)
View Item |