PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

PERNANDA, ADE PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Ade Pernanda. 2018. “Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Motivasi Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi”. Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, M.E., (II) Drs. H. Arpizal, M.Pd. Kata Kunci : Konsep Diri, Dukungan Sosial Orang tua, dan Motivasi Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi, padahal pendidikan merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Rendahnya motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII bisa disebabkan oleh kurangnya perencanaan yang matang bagi karir siswa karena tidak didukung oleh konsep diri yang positif dan dukungan sosial orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh konsep diri terhadap motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi, 2) Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi, 3) Pengaruh konsep diri dan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk ex-post facto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi. Populasi berjumlah 126 siswa dan sampelnya berjumlah 56 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket yang berisikan 20 item untuk konsep diri, 22 item untuk variabel dukungan sosial orang tua dan 21 item untuk variabel motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa ada pengaruh konsep diri terhadap motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi dengan thitung 6,113 > ttabel 1,67 dengan uji signifikansi 0,000 < 0,05. Ada pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota jambi dengan thitung 3,950 > ttabel 1,67 dengan uji signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya ada pengaruh konsep diri dan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi dengan Fhitung 22,254 > Ftabel 3,16 pada signifikasi 0,000, serta hasil koefisien determinasi sebesar 0,456 atau 45,6 persen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan dukungan sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA PGRI 2 Kota Jambi. Disarankan kepada siswa untuk lebih meningkatkan motivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan penelitian ini diharapkan bisa menjadi berguna bagi peneliti selanjutnya.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADE FERNANDA
Date Deposited: 03 Sep 2018 06:54
Last Modified: 03 Sep 2018 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item