MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RAK TELUR RAINBOW PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Damanik, Dearni (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA RAK TELUR RAINBOW PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1 SKRIPSI FULL TEKS.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 Halaman judl.pdf

Download (201kB)
[img] Text
3 HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN_1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
4 BAB 1.pdf

Download (404kB)
[img] Text
5 BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Damanik, Dearni 2023. Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian melalui Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Rak Telur Rainbow pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar: Skeipsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. (2) Violita Zahyuni, S.Pd., M.Pd Kata kunci: kemampuan operasi hitung, rak telur rainbow, PBL Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian dan pembagian siswa melalui penerapan media pembelajaran media rak telur rainbow pada muatan matematika di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IIB SDN 80/I Muara Bulian dengan siswa 15 orang siswa terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi (pengamatan) dan tes. Instrumen observasi peneltian ini adalah lembar observasi kemampuan operasi hitung siswa dan lembar observasi aktiviatas guru. Instrumen untuk mengukur kemampuan operasi hitung siswa adalah dengan melakukan tes di setiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas IIB Sekolah Dasar, yaitu dapat dilihat dari hasil observasi siswa pada siklus 1 pertemuan 1 dengan persentase secara klasikal 9,09%, pada siklus 1 pertemuan 2 mengalami peningkatan yaitu menjadi 50%. Siklus 2 pertemuan 1 dengan persentase secara klasikal 83,33% dan pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami peningkatan yaitu menjadi 93,33%. Selanjutnya hasil tes yaitu pada pre test dengan persentase secara klasikal adalah 21,42%. Hasil post test pada siklus 1 mencapai persentase ketuntasan klasikal 60%. Kemudian hasil post test pada siklus mencapai persentase ketuntasan klasikal 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian siswa setelah dilakukan tindakan menerapkan model PBL berbantuan media rak telur rainbow

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: DAMANIK
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:37
Last Modified: 20 Jun 2023 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50457

Actions (login required)

View Item View Item