Oktaviani, Putri (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Asam Basa. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK PUTRI.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN PUTRI.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB I PUTRI.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB V PUTRI.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
DAPUS PUTRI.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FULL_PUTRI OKTAVIANI_A1C119082.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Oktaviani, Putri. 2023, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Materi Asam Basa”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Dra. Fatria Dewi, M.Pd (II) Afrida, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Asam Basa Di era modern ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berkembang dengan sangat pesat. Dengan adanya perkembangan IPTEK ini menyebabkan institusi pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang lebih banyak menggunakan komputer atau smartphone di hampir semua proses pembelajaran dari pendidikan tingkat dasar sampai ke pendidikan tingkat yang lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif pada materi asam basa, mengetahui hasil validasi ahli materi dan media, penilaian guru, dan respon peserta didik terhadap multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development), menggunakan model pengembangan pengembangan Lee & Owens. Model pengembangan ini biasa disebut juga dengan suatu model pengembangan yang prosedural. Dikarenakan model pengembangan ini memiliki urutan tahapan pengembangan yang tersusun dengan sangat jelas. Model ini memiliki lima tahapan yang diadaptasi dari kerangka ADDIE , adapun tahapan dari kerangka ini adalah Analysis (Menganalisis), Design (Desain), Development (Mengembangkan), Implementation (Melaksanakan), dan Evaluation (Evaluasi). Produk hasil dari pengembangan ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta dinilai guru kimia yang selanjutnya dilakukan uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang berupa komentar dan juga saran serta analisis data kuantitatif yang berupa skor jawaban dan juga presentase. Hasil penelitian ini diperoleh dari hasil validasi dari tim ahli materi dan ahli media, masing-masing dengan rerata skor penilaian sebesar 4,67 (sangat layak) dengan persentase 93,3% ; 4,72 (sangat layak) dengan persentase 94,44% serta dinyatakan telah baik dan layak untuk diujicobakan ke sekolah. Selanjutnya berdasarkan dari penilaian dan tanggapan dari guru, diperoleh rerata skor sebesar 4,8 (sangat layak) dengan persentase 96%. Dan mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase respon peserta didik sebesar 90,2% berdasarkan uji coba kelompok satu-satu. Sedangkan uji coba kelompok kecil sebesar 93,3%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif pada materi asam basa layak digunakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu multimedia pembelajaran interaktif dan membantu peserta didik dalam pemahaman konsep secara mandiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Pembelajaran Interaktif, Asam Basa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Oktaviani |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 03:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |