PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL DAN ADOBE AIR PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA

Novianda, Diski PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL DAN ADOBE AIR PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA. UNJA.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (564kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia pembelajaran matematika berbasis android pada materi trigonometri dan Mengetahui keefektifan penggunaan multimedia pembelajaran matematika berbasis android pada materi Trigonometri dengan menggunakan Software Adobe Flash Profesional dan Adobe AIR. Prosedur penelitian pengembangan ini didasarkan pada model pengembangan ADDIE yaitu analisisi, desain, pengembangan (development), implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Muaro Jambi pada tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian adalah tim ahli materi, ahli media, dan guru yang akan melalukan validasi terhadap produk yang di buat, kemudian subjek uji cobanya dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMA Negeri 1 Muaro Jambi . Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket respons siswa, angket validasi media, angket validasi materi, soal tes hasil belajar siswa, dan media itu sendiri. Hasil penelitian ini yaitu multimedia pembelajaran matematika berbasis android pada materi grafik fungsi trigonometri yang dikembangkan dengan menggunakan Adobe Flash Professional dan Adobe AIR. Produk tersebut divalidasi oleh oleh ahli media dan ahli materi, kemudian direvisi berdasarkan saran yang telah diberikan kemudian produk dinyatakan layak untuk digunakan. Dari hasil pengisian angket respons siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 73% - 87% dengan kategori sangat baik, kelompok besar diperoleh 80% - 90% dengan kategori sangat baik, kelas implementasi diperoleh 65% - 86% dengan kategori baik. Dengan kata lain multimedia pembelajaran yang dikembangkan mendapat respons positif dari siswa dan dari hasil tes hasil belajar siswa diperoleh 83% siswa tuntas melebihi KKM, sehingga multimedia pembelajaran yang di kembangkan juga dikategorikan efektif dalam penggunaannya. Jadi multimedia pembelajaran matematika berbasis android pada materi trigonometri yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DISKI NOVIANDA
Date Deposited: 04 Sep 2018 04:58
Last Modified: 04 Sep 2018 04:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item