Ulfa, Ilmi Kartika (2023) Studi Efektivitas Aplikasi Mobile JKN pada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kecamatan Alam Barajo Tahun 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Skripsi full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang: Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan berkomitmen untuk selalu memberi pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia dalam segi pelayanan kesehatan ataupun dalam memberi informasi kepada masyarakat. Salah satu inovasi yang dilakukan BPJS yaitu dengan diciptakan aplikasi Mobile JKN sebagai wujud upaya BPJS untuk meningkatkan pelayanannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektivan aplikasi Mobile JKN di Kecamatan Alam Barajo. Metodologi Penelitian: Penelitian ini menggunakan desain eksploratif dengan metode studi kasus menggunakan teknik statistic kuantitatif. Sampel penelitian ini ialah sebagian dari jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Kecamatan Alam Barajo. Hasil: Dari hasil analisis menggunakan rumus efektivitas didapat bahwa Kualitas Sistem (System Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 74,15%. Kualitas Informasi (Information Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 73,92%. Kualitas Layanan (Service Quality) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,11% . Kepuasan Pengguna (User Satisfaction) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,20%. Manfaat Bersih (Net Benefit) pada Aplikasi Mobile JKN sebesar 72,07%. Efektivitas Aplikasi Mobile JKN sebesar 68,51%. Kesimpulan: Aplikasi Mobile JKN dianggap sudah efektif dengan nilai presentase diatas 60% yaitu 68,51%. Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi Mobile JKN, Aplikasi Mobile JKN ABSTRACT Background: The Health Insurance Administration is committed to always providing the best service for the Indonesian people in terms of health services or in providing information to the public. One of the innovations made by BPJS is by creating the Mobile JKN application as a form of BPJS efforts to improve its services. The purpose of this study is to determine the effectiveness of the Mobile JKN application in Alam Barajo District. Research Methodology: This study used an exploratory design with a case study method using quantitative statistical techniques. The sample of this study is part of the number of National Health Insurance participants in Alam Barajo District. Results: From the results of the analysis using the effectiveness formula, it is found that the System Quality in the JKN Mobile Application is 74.15%. Information Quality in the JKN Mobile Application is 73.92%. Service Quality in the JKN Mobile Application is 68.11%. User Satisfaction on the JKN Mobile Application is 68.20%. The Net Benefit on the JKN Mobile Application is 72.07%. The effectiveness of the JKN Mobile Application is 68.51%. Conclusion: The JKN Mobile Application is considered effective with a percentage value above 60%, namely 68.51%. Keywords: Effectiveness, JKN Mobile Application
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Aplikasi Mobile JKN, Aplikasi Mobile JKN |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | ULFA |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 07:36 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 07:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50507 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |