Pengembangan Lembar Proyek Mahasiswa Metode Eksperimen Fisika Berbasis PjBL-STEAM

Gea, Desriani (2023) Pengembangan Lembar Proyek Mahasiswa Metode Eksperimen Fisika Berbasis PjBL-STEAM. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
DRAFT-SKRIPSI-GEA-DESRIANI-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
Coverr.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Halaman persetujuan & Halaman Pengesahan_repaired.pdf

Download (301kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Bab1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bab5.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftarpustaka.pdf

Download (391kB)

Abstract

Metode eksperimen fisika yang belum memiliki pedoman praktikum, lembar kerja mahasiswa dan sejenis lainnya, sehingga menyulitkan mahasiswa dalam melakukan eksperimen-eksperimen. Dalam melakukan eksperimen diperlukan lembar kerja mahasiswa, lembar kerja mahasiswa adalah adalahasuatu bahanuajar cetakoyang berupa lembar-lembaran kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk pelaksanaan tugas pembelajaran yang harus dikerjakan oleh mahasiswa, yang bersifat proyek yang mengacu pada kompetensi harus dicapai mahasiswa, dan peggunaannya tergantung dengan bahan ajar lain. Penelitian ini memeliki tujuan untuk menghasilkan dan melihat persepsi mahasiswa terhadap lembar proyek mahasiswa (lampu belajar panel surya) berbasis STEAM. Penelitian ini berjenis R&D (Research & Development) dengan model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, media, dan praktisi serta angket persepsi mahasiswa. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Lembar proyek mahasiswa yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi dengan beberapa revisi, hingga kemudian didapatkan nilai validasi ahli materi 1 sebesar 3,94 dengan kategori sangat baik dan ahli materi 2 sebesar 4 dengan kategori sangat baik, validasi ahli media 1 sebesar 3,88 dengan kategori sangat baik ahli media 2 sebesar 3,88 dengan kategori sangat baik dan validasi ahli praktisi sebesar 3,85 dengan kategori sangat baik sehingga produk disetujui untuk diuji coba pada mahasiswa. Saat uji coba kepada mahasiswa mendepatkan nilai persepsi sebesar 3,24 dengan kategori sangat baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Desriani
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:49
Last Modified: 19 Jun 2023 01:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50513

Actions (login required)

View Item View Item