ANALISIS PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN

FEBRIANI, SORAYA (2023) ANALISIS PARTISIPASI AKTIF MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN LESSON STUDY DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATA KULIAH FISIKA MODERN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Febriani, S. 2023. Analisis Partisipasi Aktif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Lesson study Dengan Pendekatan STEM pada Mata Kuliah Fisika Moden:Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nova Susanti, S.Pd., M.Si, (II) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Partisipasi Aktif, Lesson Study , STEM Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi aktif mahasiswa kelas reguler A 2021, program studi pendidikan fisika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas jambi dalam pembelajaran lesson study dengan pendekatan STEM. Penelitian ini dilakukan di Universitas Jambi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas Reguler A 2021 yang mengontrak mata kuliah fisika modern yang terdiri dari 35 mahasiswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan mixed method, dengan desain konvergen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian, catatan lapangan penelitian, rekaman audio, video pembelajaran, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I dari hasil instrumen partisipasi aktif, pembelajaran dengan kategori baik dan sangat baik sebesar 26% sehingga partisipasi aktif pembelajaran dalam siklus 1 masih belum mencapai keberhasilan atau dengan kategori sangat kurang, dan analisis transkrip pembelajaran secara keseluruhan kurang didominasi oleh mahasiswa. Partisipasi aktif mahasiswa tidak terlalu banyak dalam berinteraksi. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II partisipasi aktif mahasiswa dengan kategori baik dan sangat baik mencapai 79% sehingga partisipasi aktif pembelajaran mahasiswa pada siklus II sudah mencapai keberhasilan atau dengan kategori baik, pada siklus II ditemukan lebih banyak interaksi antar mahasiswa. Dengan demikian partisipasi aktif mahasiswa dalam pembelajaran pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Aktif, Lesson Study , STEM
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Febriani
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:24
Last Modified: 19 Jun 2023 07:24
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50529

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item