Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan STEM Pada Materi Pengukuran

Firdaus, Firdaus (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan STEM Pada Materi Pengukuran. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Bab V .pdf

Download (220kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Firdaus, 2023. Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan STEM (science, technology, engineering, and mathematics) Pada Materi Pengukuran. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis, (II) Alrizal, S.Pd., M.Si. Kata kunci :Video Pembelajaran, STEM, Pengukuran Masalah yang sering ditemui pada pembelajaran di sekolah khususnya mata pelajaran fisika yaitu banyaknya peserta didik yang menyatakan mata pelajaran fisika sulit dipahami dan kurang tertarik dengan mata pelajaran fisika. Hal ini disebabkan belum optimalnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga menyebabkan peserta didik kurang memahami konsep dan tidak tertarik dengan pelajaran fisika. Hal ini sejalan dengan hasil studi awal yaitu guru hanya menggunakan media dalam bentuk buku cetak dari sekolah dan e-modul. Ada banyak penelitian yang mengungkapkan solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Salah satunya adalah menggunakan video. Banyaknya video pembelajaran yang tersedia di youtube dapat menjadi sumber belajar peserta didik, namun masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan masalah dan analisis kebutuhan maka dikembangkan video pembelajaran fisika berbasis pendekatan science, technology, engineering and mathematics (STEM) pada materi pengukuran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan video, dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap video pembelajaran fisika berbasis pendekatan STEM pada materi pengukuran di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Disseminate). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang telah mempelajari materi pengukuran. Pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa angket kebutuhan awal, wawancara, angket validasi ahli media dan ahli materi, serta angket respon peserta didik. Dari hasil penelitian ini validasi media tahap I diperoleh skor sebesar 80.91% dan tahap II diperoleh skor sebesar 97.36%. Pada validasi materi tahap I diperoleh skor sebesar 81.94% dan tahap II diperoleh skor sebesar 96.52% serta respon peserta didik keseluruhan indikator diperoleh skor sebesar 83.86%. Berdasarkan hasil pengembangan dan uji coba yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran fisika berbasis pendekatan STEM pada materi pengukuran ini sudah dinyatakan layak untuk digunakan, hal ini didasari oleh validasi tim ahli media, ahli materi serta hasil uji coba dengan peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Video Pembelajaran, STEM, Pengukuran
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Firdaus
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:18
Last Modified: 20 Jun 2023 02:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50555

Actions (login required)

View Item View Item