YUNITA, ANEKE (2023) PENGEMBANGAN e-KOMIK INTERAKTIF REAKSI REDOKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS X MIPA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_ANEKE YUNITA_A1C119054.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Image
cover.png Download (26kB) |
Abstract
Yunita , Aneke. 2023. Pengembangan e-Komik Interaktif Reaksi Redoks Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas X MIPA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Harizon, M.Si., (II) Drs.Epinur, M.Si. Kata Kunci : interaktif, e-komik, reaksi redoks, saintifik Kimia adalah mata pelajaran yang berfokus pada bagaimana siswa dapat memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia, serta bagaimana keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan saintifik adalah salah satu pendekatan yang tepat dalam pembelajaran kimia. Pendekatan saintifik dirancang agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum, atau prinsip yang ditemukan melalui tahap identifikasi atau menemukan masalah, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan kelayakan produk berdasarkan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) pada ahli materi dan media, penilaian guru bidang studi kimia dan respon siswa terhadap e-komik interaktif berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin & Peck. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berdasarkan komentar dan saran, serta analisis data kuantitatif berdasarkan rata-rata skor jawaban dan persentase. Hasil dari penelitian ini bahwa e-komik interaktif reaksi redoks berbasis pendekatan saintifik kelas X MIPA mendapat hasil kelayakan ahli ahli media sebesar 86,9% dan memperoleh 87,5% dari ahli media yang tergolong dalam kriteria “Sangat Valid”. Sedangkan untuk penilaian guru memperoleh persentase kelayakan 90% dengan kategori “Sangat Valid” dan respons siswa memperoleh persentase 87,16 % dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekomik interaktif reaksi redoks berbasis pendekatan saintifik kelas X MIPA sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaktif, e-komik, reaksi redoks, saintifik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | YUNITA |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 02:54 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |