PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN MENGGUNAKANLECTORA INSPIRE PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI SMA

Desi, Ananda PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN MENGGUNAKANLECTORA INSPIRE PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI SMA. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI MINYAK BUMI KELAS XI SMA.

[img] Text
ARTIKEL DESI.compressed-min.pdf

Download (369kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia pendidikan dapat mempermudah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan peserta didik. Kegiatan pembelajaran tidak lagi terbatas pada ruang dan waktu tertentu, melainkan dapat berlangsung kapan saja dan dimana saja karena didukung oleh perkembangan yang luar biasa di bidang ICT yaitu: komputer, multimedia dan telekomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran minyak bumi menggunakan lectora inspire dan memahami respon siswa kelas XI IPA SMA terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan pengembangan yang mengadaptasi pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap Analisis (Analysis) pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan, karakteristik siswa, materi dan teknologi pendidikan, Desain (Design), Pengembangan (development) pada tahap ini dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi serta penilaian oleh guru, Penerapan (implementation) pada tahap ini dilakukan uji coba kelompok kecil dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian diperoleh penilaian ahli materi, ahli media dan penilaian guru terhadap produk multimedia pembelajaran “sangat baik” dan hasil respon siswa didapat persentase sebesar 93,33% “sangat baik” dan menyatakan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk multimedia pembelajaran yang dikembangkan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Depositing User: DESI ANANDA
Date Deposited: 05 Sep 2018 00:46
Last Modified: 05 Sep 2018 00:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5059

Actions (login required)

View Item View Item