MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN METODE GAME EDUKASI RANTAI KATA PADA MUATAN IPS DI KELAS VI SEKOLAH DASAR

Sipahutar, Monalisa (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN METODE GAME EDUKASI RANTAI KATA PADA MUATAN IPS DI KELAS VI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN & HALAMAN PEGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sipahutar. Monalisa. 2023. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Menggunakan Game Edukasi Rantai Kata pada Muatan IPS di Kelas VI Sekolah Dasar”: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, pembimbing (1) Dr. Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (2) Risdalina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Kemampuan kognitif, Metode game edukasi rantai kata Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif siswa menggunakan metode game edukasi rantai kata pada muatan IPS di kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana setiap siklusnya dilakanakan sebanyak dua kali pertemuan dan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 134/I Merbau dengan jumlah siswa sebanyak 11 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen observasi yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru. Instrumen untuk mengukur kemampuan konitif siswa adalah dengan melakukan tes formatif di setiap pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peneraan metode game edukasi rantai kata dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada muatan IPS di tema 7 subtema 1, upaya dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa menggunakan tes yang didasarkan pada siklus I memperoleh presentase keberhasilan klasikal sebesar 54,53% dan dan meningkat pada siklus II sebesar 81,81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode game edukasi rantai kata dapat meningkatkan kemampuan kogntif siswa yang dilihat dari peningkatan kognitif siswa sudah mencapai ketuntasan klasikal sebesar 75% .

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif, metode game edukasi rantai kata
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Sipahutar
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:37
Last Modified: 20 Jun 2023 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50606

Actions (login required)

View Item View Item