STUDI DESKRIPTIF SITUS KOTA TUA BATANGHARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL

FATURAHMAN, AZIS STUDI DESKRIPTIF SITUS KOTA TUA BATANGHARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL. JURNAL STUDI DESKRIPTIF SITUS KOTA TUA BATANGHARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK Faturahman, Azis, 2018. Studi Deskriptif Situs Kota Tua Batanghari Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing Skripsi I Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. Pembimbing Skripsi II Siti Syuhada, S.Pd., M.E. Kata Kunci : Situs Kota Tua Batanghari, Sumber Belajar Sejarah Lokal Kabupaten Batanghari memiliki peninggalan sejarah yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, peninggalan-peninggalan sejarah tersebut dikenal dengan nama situs kota tua Batanghari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui situs Kota Tua di Kabupaten Batanghari dapat dijadikan sebagai sumber belajar sejarah lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data. Situs kota tua Batanghari dapat dijadikan sumber belajar sejarah dengan mengaitkan kompetensi dasar dan materi yang ada di sekolah. Pemanfaatan situs ini sebagai sumber belajar mengalami kendala waktu, jarak, keuangan, perizinan, koordinasi denga guru mata pelajaran lain, serta kondisi kelayakan dari peninggalan yang ada di situs kota tua Batanghari tersebut. Kendala ini di atasi oleh guru dengan cara memanfaatkan situs kota tua Batanghari sebagai sumber belajar dengan menggunakan media gambar sebagai penunjang pembelajaran. Selain itu, dalam upaya mengatasi beberapa kendala guru memberikan tugas dan mengajak peserta didik untuk ikut lomba menulis membuat karya ilmiah sejarah yang berkaitan dengan sejarah lokal. Selain dari membuat karya tulis ilmiah cara lain dalam mengatasi kendala pemanfaatan situs ini dengan cara membuat mading, laporan dan kliping untuk dapat membangun pemahaman siswa tentang sejarah lokal daerahnya serta menanamkan nilai-nilai sejarah lokal kepada peserta didik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AZIZ FATURAHMAN
Date Deposited: 05 Sep 2018 00:46
Last Modified: 05 Sep 2018 00:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5063

Actions (login required)

View Item View Item