Mas Ningrum, Dessya (2023) KESIAPAN GURU DALAM MERANCANG MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 205/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
Tesis Dessya Full.pdf Download (722kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (30kB) |
|
Text
Halaman Persetujuan dan Lembar Pengesahan.pdf Download (120kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (76kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (92kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (8kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) |
Abstract
Mas Ningrum, Desya. 2023. Kesiapan Guru Dalam Merancang Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 205/IV Kota Jambi: Tesis, Magister Pendidikan Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Eddy Haryanto, S.Pd., M.Sc., M.PP., Ph.D. Pembimbing (II) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini berjudul “kesiapan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka belajar di SDN 205/IV Kota Jambi”, hal ini dilatar belakangi oleh perubahan kurikulum pada tahun ajaran 2021 semua sekolah pada jenjang dasar dan menengah harus mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar, khususnya pada jenjang dasar perubahan yang paling terlihat dalam kurikulum merdeka adalah menggunakan pembelajaran berbasis karakter yang tertuang dalam profil pelajar pancasila yang membutuhkan berbagai persiapan disegala bidang. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan dan memaparkan tentang kesiapan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka belajar di SDN 205/IV Kota Jambi, dan (2) untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka di SDN 205/IV Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah , guru kelas 1 dan guru kelas 4. Objek penelitian ini berupa bentuk kesiapan guru kelas dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara dan Studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) Guru mengikuti pelatihan IHT untuk meningkatkan kualitas diri, sehingga guru dapat merancang perangkat ajar kurikulum merdeka, (2) Guru rutin mengukuti KKG, (3) Adapun kendala yang dihadapi guru dalam merancang modul ajar, yaitu kurangnya referensi guru, kurangnya kreativitas guru, buku ajar dan koneksi internet, sehingga guru kesulitan untuk mendapatkan materi ajar. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka pihak sekolah telah memberikan fasilitas yang memadai agar tercapainya tujuan yang hendak dicapai. Selain itu, guru juga mengikuti kegiatan KKG besar, KKG kecil. Kata Kunci: Kesiapan guru, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan guru, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dessya mas ningrum |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 07:53 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 07:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50691 |
Actions (login required)
View Item |