KURNIA, INDAH PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA PADA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE DEBATE TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA PADA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.
Text
ARTIKEL.pdf Download (249kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Debate terhadap hasil belajar PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre eksperimental design yaitu one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Untuk penelitian tersebut diambil kelas XI IPS 4 yang berjumlah 33 siswa yang dilihat dari adanya perbedaan rata-rata pretest dan posttest. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari 8 kelas. Penarikan sampel diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t_hitung adalah 6,67 dan t_(tabel )adalah 1,694 atau t_hitung ≥ t_(tabel ). Maka hal tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Berdasarkan uraian diatas maka hipotesis dalam peneliti ini diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Active Debate terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Kota Jambi. Kata Kunci: Model Active Debate, Hasil Belajar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | INDAH KURNIA |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 03:08 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 03:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5076 |
Actions (login required)
View Item |