PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

WULANDARI, ICHA SEPTIA PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
artikel skripsi gue.pdf

Download (325kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penggunaan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi ekperimental. Rancangan penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 182 siswa. Penarikan sampel diambil secara purposive sampling yaitu kelas X MIPA 5 (eksperimen) dan X MIPA 6 (kontrol) yang jumlah siswa masing-masing kelasnya 30 orang siswa yang dilihat dari adanya perbedaan rata-rata pretest dan posttest pada saat penelitian. Hasil penelitian diperoleh, rata-rata pretest kelas eksperimen yaitu 64,4 dan pretest kelas kontrol yaitu 65,46. rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 75,6 sedangkan rata-rata posttest kelas kontrol yaitu 72,53. Setelah di uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai Thitung sebesar 3,5731 sedangkan Ttebel yaitu 1,6716. Kriteria pengujiannya jika Thitung > Ttabel (3,5731>1,6716) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan HO ditolak. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran berbasis powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA di SMA N 8 Kota Jambi. Kata Kunci : Media Animasi Pembelajaran berbasis Powtoon, Hasil Belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ICHA SEPTIA W
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:08
Last Modified: 07 Sep 2018 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5077

Actions (login required)

View Item View Item