PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KUIS TIM (TEAM QUIZ) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI

LISTIORINI, ERFIN PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KUIS TIM (TEAM QUIZ) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KUIS TIM (TEAM QUIZ) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Listiorini, Erfin: 2018. Pengaruh Pembelajaran Aktif tipe Kuis tim (Team Quiz) terhadap Hasil Belajar PPKn pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Drs. H. Akmal Sutja, M.Pd. (II) Dona Sariani, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Pembelajaran aktif, Quiz Team, Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi terdahulu pada tanggal 14 Februari 2018 di SMA Negeri 8 Kota Jambi, ditemukan beberapa masalah yang terkait dengan proses pembelajaran PPKn yang belum tepat, yaitu guru lebih sering menggunakan metode konvensional, sehingga peserta didik tampak kurang paham dengan apa yang disampaikan oleh guru. Akibatnya hasil belajar siswa pada mata pelejaran PPKn kelas XI IPS belum maksimal dan kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif tipe kuis tim terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan metode quasi eksperimen yang dilakukan kepada dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang keduanya telah di uji homogenitasnya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal yang telah di uji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Teknik analisis data menggunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji F untuk menguji homogenitas data, dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa metode kuis tim yang diterapkan di kelas eksperimen dapat mempengaruhi hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 79,48 > 62,83 serta diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu 2,00 > 1,67. Dengan demikian penerapan metode kuis tim berpengaruh terhadap hasil belajar.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ERFIN LISTIORINI
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:08
Last Modified: 07 Sep 2018 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5078

Actions (login required)

View Item View Item