PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA PGRI 2 KOTA JAMBI

ALIFZAL, FAJRI PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Alifzal, Fajri. 2018. Pengaruh Penggunaan Handphone terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Pembimbing (1) Drs. Budi Purnomo. M. Hum, M. Pd (2) Nelly Indrayani, S. Hum, M. Hum. Kata Kunci: Penggunaan Handphone, Prestasi Belajar Prestasi belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran sejarah di SMA PGRI 2 Kota Jambi masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adanya penggunaan handphone yang kurang dimanfaatkan oleh siswa dalam proses belajar mengajar yang berdampak pada prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa dengan menggunakan handphone sebagai media dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 106 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data tentang prestasi belajar dengan menggunakan handphone sebagai alat ataupun metode dalam proses dalam belajar mengajar dikumpulkan melalui kuesioner. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui dokumentasi yaitu nilai ujian semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat penggaruh penggunaan handphone terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang mana sebelum menggunakan handphone dalam proses belajar prestasi siswa masih kurang atau belum mencapai atas rata-rata, tapi setelah adanya pengunaan handphone dalam proses belajar mengajar nilai siswa naik secara signifikan dan bisa di lihat dari hasil data yang diperoleh dari hasil angket siswa dengan menggunakan uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan juga eksperimen yaitu (X1) 26,85 dengan menggunakan handphone dalam proses belajar sedangkan dengan tidak menggunakan handphone (Y) 10,43 jarak kenaikan prestasi belajar dengan menggunakan handphone yaitu 16.42

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: FAJRI ALIFZAL
Date Deposited: 07 Sep 2018 03:08
Last Modified: 07 Sep 2018 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5079

Actions (login required)

View Item View Item