IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 2 JAMBI

panjaitan, muchtar haryanto and Susanti, Nova and dani, rahma (2018) IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 2 JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
Image
halaman pengesahan.jpg

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI much.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lesson study berbasis contextual teaching and learning pada materi alat-alat optik di SMA Negeri 2 Jambi tahun ajaran 2017/2018 yang dilaksanakan selama dua siklus. Tahap-tahap dalam lesson Study yang meliputi tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi analisis kualitas tes, menghitung skor motivasi belajar, dan menghitung nilai hasil belajar. Hasil analisis data diperoleh bahwa skor rata-rata motivasi belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 70,2% menjadi 82,3% pada siklus II atau meningkat sebesar 12,1%. Jumlah siswa yang memperoleh skor motivasi belajar >75% meningkat dari siklus I sebesar 12 siswa menjadi 25 siswa pada siklus II atau meningkat sebesar 52%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar pada pre test sebesar 68,7 meningkat menjadi 74,4 pada post test atau meningkat sebesar 5,7 (8,29%). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar pada pre test sebesar 70 meningkat menjadi 83 pada post test atau meningkat sebesar 13 (18,57%). Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada pre test siklus I sebesar 24% menjadi 60% pada post test atau meningkat sebesar 36%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada pre test siklus II sebesar 40% menjadi 80% pada post test atau meningkat sebesar 40%. Berdasarkan data diatas bahwa dengan menerapkan lesson study dengan menggunakan contextual teaching and learning (ctl) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Mia 6 SMA Negeri 2 Jambi pada materi alat-alat optik tahun ajaran 2017/2018.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lesson study, Contextual teaching and learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MUCHTAR HARYANTO P.
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:56
Last Modified: 25 Sep 2018 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item