ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS PADA UMKM DI JAMBI NIGHT MARKET)

ZHEEYAN DWIVADY, YAFFY (2023) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN UMKM DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS PADA UMKM DI JAMBI NIGHT MARKET). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (89kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu faktor meningkat atau menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, UMKM juga memiliki andil dalam penyerapan tenaga kerja agar dapat mengatasi ketimpangan di Indonesia. Sehingga dengan adanya Jambi Night market UMKM kota Jambi dapat ikut meramaikan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pendapatan UMKM dan untuk mengetahui pengaruh dari tenaga kerja, modal, lama usaha, tingkat pendidikan dan sertifikasi pelatihan terhadap pendapatan UMKM di Jambi Night Market. Data yang digunakan adalah data primer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengajukan kuesioner melalui survei terhadap 64 sampel pada penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda menggunakan software statistic SPSS versi 25.0. Hasil penelitian ini berdasarkan karakteristik diketahui bahwa mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki. Rata rata responden berusia 31 tahun. Jumlah tenaga kerja yang diserap pada UMKM makanan lebih banyak daripada UMKM minuman sebesar 116. Mayoritas pelaku UMKM sudah berdagang selama 3 tahun. Modal awal usaha mayoritas pelaku UMKM sebesar 1juta rupiah. Tingkat pendidikan dari masing-masing gender pada pelaku UMKM mayoritas lulusan S1 dengan Laki-laki 18 orang dan Perempuan 17 orang. Mayoritas pelaku UMKM di Jambi Night Market tidak memiliki sertifikasi pelatihan. UMKM di Jambi Night Market mayoritas memiliki jenis usaha makanan. Mayoritas dari pelaku UMKM di Jambi Night Market sudah menikah. Berdasarkan hasil yang diperolah maka terdapat pengaruh antara Tenaga Kerja dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Kemudian Lama Usaha menjadi salah satu faktor dalam meningkatkan pendapatan UMKM di Jambi Night Market. Tingkat Pendidikan mempengaruhi pendapatan UMKM terkait mengelola usaha dengan baik. Adapun Modal dan Sertifikasi Pelatihan tidak mempengaruhi pendapatan UMKM. Kata Kunci: Pendapatan, Tenaga Kerja, Modal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan, Sertifikasi Pelatihan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendapatan, Tenaga Kerja, Modal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan, Sertifikasi Pelatihan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: DWIVADY
Date Deposited: 23 Jun 2023 02:50
Last Modified: 23 Jun 2023 02:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50882

Actions (login required)

View Item View Item