Kinarsih, Dewi Sekar (2023) ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE E-REGISTRATION TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 (STUDI KASUS : UNIVERSITAS JAMBI). S1 thesis, Sistem Informasi.
![]() |
Text
F1E119112_DEWI SEKAR KINARSIH_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
Pengesahan.pdf Download (469kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Website e-registration merupakan website yang memudahkan calon mahasiswa dan mahasiswa Universitas Jambi dalam melakukan registrasi atau daftar ulang. Fasilitas dari website e-registration meliputi upload hasil tes kesehatan, pembayaran uang pangkal, pembayaran dan penetapan UKT (Uang Kuliah Tunggal), penurunan UKT, pencicilan UKT, mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), pengumuman mahasiswa penerima program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK), dan program Beasiswa. Selama website ini diterapkan, belum pernah dilakukan pengukuran kualitas website sehingga keberhasilan dari website tersebut belum diketahui. Pengukuran kualitas website dapat mempengaruhi kepuasan pengguna dalam menggunakan website tersebut. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis terhadap kualitas website berdasarkan persepsi pengguna akhir. Pengukuran kualitas website juga sangat penting dilakukan agar pengembang mengetahui kekurangan dari website yang telah dibangun dan dapat menjadi bahan evaluasi agar selaras dengan keinginan pengguna. Pada penelitian ini, dilakukan analisis pengaruh kualitas website e-registration terhadap kepuasan pengguna menggunakan WebQual 4.0 yang mengambil studi kasus mahasiswa Program Sarjana Universitas Jambi dan menggunakan tiga variabel usability (kegunaan), information quality (kualitas informasi), service interaction quality (pelayanan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui angket UNJA menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda serta Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan perangkat lunak SPSS 25. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportionate stratified random sampling dan diperoleh sampel sebesar 375 sampel. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh variabel berpengaruh terhadap user satisfaction (kepuasan pengguna). Sedangkan hasil analisis kesenjangan menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata analisis kesenjangan sebesar -0,17 yang berarti tingkat kinerja website e-registration belum sesuai dengan harapan pengguna. Selanjutnya hasil analisis kuadran IPA menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat 5 indikator pada kuadran I, 7 indikator pada kuadran II, 5 indikator pada kuadran III, dan 3 indikator pada kuadran IV.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Kinarsih |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 06:26 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 06:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |