Nurapriliani, Haniva (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR BINA DIRI UNTUK PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA. S2 thesis, Teknologi Pendidikan.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
TESIS HANIVA PRATAMI P2A121005 FULL_compressed.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurapriliani, Haniva Pratami. 2023. Pengembangan Game Edukasi Sebagai Media Belajar Bina Diri Untuk Peserta Didik Tunagrahita: Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Sofyan, M.Pd., (II) Dr. Dra. Zurweni, M.Si. Kata Kunci: Game Edukasi, Bina Diri, Tunagrahita Latar belakang penelitian ini adalah sulitnya anak tunagrahita mengaktualisasikan potensi hidup mandiri dikarenakan keterbatasan intelektual yang mereka alami. Program khusus Bina Diri juga memiliki keterbatasan jam mengajar yaitu dua jam pelajaran dalam seminggu. Media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar hanya sebatas video. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media untuk membantu peserta didik dalam memahami materi merawat diri yang dapat diakses kapan saja. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media belajar Bina Diri berupa Game Edukasi untuk peserta didik Tunagrahita. Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri Prof. Dr. Sri Soedewi Masjchun Sofwan, SH Jambi. Model multimedia pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Lee & Owens (2004). Tahapan pengembangan yang dilalui yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Produk yang dihasilkan berupa game edukasi yang dikembangkan menggunakan software unity dan nantinya dapat diakses pada play store. Uji kelayakan dilakukan dengan kepada ahli materi, ahli media, penilaian oleh guru dan peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan uji kelayakan ahli materi dan ahli media game edukasi bina diri telah layak digunakan oleh pengguna akhir dengan kategori sangat baik. Kriteria tergambar pada aspek yang telah dinilai yaitu kebahasaan, penyajian, warna, suara, efek media terhadap pembelajaran, kemenarikan media dan konten mendapat kategori penilaian sangat baik. Hasil uji coba lapangan memperlihatkan antusiasme peserta didik tunagrahita menggunakan produk pengembangan untuk mempelajari materi bina diri terkait mencuci tangan, menggosok gigi dan memotong kuku. Berdasarkan hasil analisis data, memperlihatkan bahwa kualitas produk pengembangan aplikasi media belajar bina diri berbasis game edukasi adalah sangat baik. Dengan demikian dapat disarankan, bahwa media tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk program khusus bina diri. Produk ini masih perlu dikembangkan dengan konten bina diri yang lebih banyak lagi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Haniva Pratami Nur Apriliani |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 03:10 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/50897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |