Nuzuli, Ramadani (2023) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 94 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK rama.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
bab 5 rama.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
bab 1 rama.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
dapus rama rama.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
skripsi rama.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Image
IMG20230623152625.jpg Download (2MB) |
Abstract
LATAR BELAKANG Pola asuh orang tua adalah pola prilaku yang diterapkan pada anak dan bersifat relatif konsisten dari waktu ke waktu , pola perilaku ini dapat dirasakan anak dari segi negatif maupun positif, sedangkan hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang memiliki nilai rendah yang nilainya jauh dari nilai KKM. Bahkan pada saat mid semester, lebih dari 50% siswa yang nilai rata-rata mid semesternya dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah tersebut. METODE Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VI SDN 94 Kota Jambi. Populasi dan sampel penelitian kelas VI SDN 94 Kota Jambi sebanyak 24 orang tua siswa. Penelitian ini dilaksanankan di SDN 94 Kota Jambi selama 3 Hari pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Instrumen penelitian ini mengunakan instrumen angket dokumentasi, dan observasi. Metode penelitian kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Untuk pengumpulan data dilakukan pembagian angket untuk mengetahui pola asuh orang tua dan dokumentasi terhadap hasil belajarnya. Kemudian data dikorelasikan dengan rumus Korelasi Pearson Product Moment dengan taraf kepercayaan α =5%. HASIL PENELITIAN Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai hubungan pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VI SDN 94 Kota Jambi dapat disimpulkan sebagai berikut : Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VI SDN 94 Kota Jambi ini dibuktikan dengan hasil dari pengolahan data dengan menggunakan rumus korelasi pearson product moment yaitu menghasilkan rhitung > rtabel (0,603 > 0,404). Sehingga memiliki kategori hubungan yang kuat dan Ha diterima. Dengan menggunakan uji signifikan diperoleh thitung = 3.55 sedangkan untuk ttabel = 2,064 pada taraf signifikan α= 5% dengan derajat kebebasan dk = n-2. Jadi bila dibandingkan thitung dengan ttabel (3.55 > 2,064) sehingga Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan hasil belajar siswa kelas VI SDN 94 Kota Jambi. Kata Kunci : Pola asuh orang tua, hasil belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola asuh orang tua, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | NUZULI |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 08:29 |
Last Modified: | 23 Jun 2023 08:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |