PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 5.5 PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DI SMA NEGERI 5 BATANGHARI

Aulia, Eva Astetika (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LABORATORIUM VIRTUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 5.5 PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DI SMA NEGERI 5 BATANGHARI. S1 thesis, Pendidikan Fisika.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (27kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)

Abstract

Praktikum merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan sebagai penunjang siswa dalam memahami materi pelajaran. Namun pada saat peralatan untuk melakukan kegiatan praktikum secara langsung tidak tersedia maka kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan. Oleh karena itu diperlukan alternatif lain untuk tetap melaksanakan praktikum. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan adanya laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media laboratorium virtual menggunakan Adobe Flash CS 5.5 pada materi dinamika rotasi di SMA Negeri 5 Batanghari yang telah dikembangkan. (2) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pengembangan media laboratorium virtual menggunakan Adobe Flash CS 5.5 pada materi dinamika rotasi di SMA Negeri 5 Batanghari yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D), sedangkan untuk model penelitian adalah 4D yang terdiri dari tahapan define, design, dan develop. Subjek uji coba yaitu siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Batanghari dengan mengisi angket persepsi. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data dari wawancara, angket kebutuhan awal, validasi ahli, dan angket persepsi siswa. Teknik analisis data kualitatif yaitu dari saran dan komentar hasil validasi serta angket persepsi, sedangkan teknik analisis data kuantitatif yaitu hasil validasi ahli media, ahli materi dan angket persepsi siswa. Hasil dari pengembangan penelitian ini berupa produk laboratorium virtual yang telah dinyatakan layak oleh validator dan telah melewati masa uji pengembangan. Adapun hasil validator ahli materi dan media mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase rata-rata 93,75 %, sedangkan ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86,6 %. Selain itu hasil angket persepsi siswa terhadap produk laboratorium virtual yang telah dikembangkan mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86,13 % dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa produk laboratorium virtual dapat disebarkan lebih luas lagi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: AULIA
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:03
Last Modified: 27 Jun 2023 02:03
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51087

Actions (login required)

View Item View Item