PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV A SD NEGERI 64/I MUARA BULIAN

FRISKA, ELA PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV A SD NEGERI 64/I MUARA BULIAN. JURNAL PENERAPAN TATA TERTIB SEKOLAH DALAM MENUNJANG PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS IV A SD NEGERI 64/I MUARA BULIAN.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (357kB)

Abstract

ABSTRAK Ela Friska. 2018 Penerapan Tata Tertib Sekolah dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa di SD Negeri 64/I Muara Bulian Kabupaten Batang Hari, Pembimbing I. Drs. Arsil, M.Pd, Pembimbing II. Panut Setiono, S.Pd. M.Pd; Dalam lingkungan sekolah tata tertib diperlukan untuk menciptakan kehidupan sekolah yang tertib, tentram, kondusif dan penuh dengan kedisiplinan. Secara langsung, seorang guru bertanggung jawab terhadap prestasi belajar siswa. Namun tidak dapat dipungkiri jika sekolah tidak memberlakukan tata tertib di sekolah baik itu kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa, maka raihan prestasi belajar siswa yang gemilang hanya merupakan mimpi semata. Sekolah Dasar (SD) Negeri 64/I Muara Bulian Kabupaten Batang Hari merupakan SD Negeri yang menerapkan tata tertib sekolah secara konsisten dan sungguh-sungguh dalam keseharian kegiatan sekolah. Kepatuhan warga sekolah ini terhadap tata tertib sekolah terlihat dari tingkat kehadiran guru dan siswa di sekolah sangat tinggi, tidak ada guru dan siswa yang terlambat datang ke sekolah, guru memulai dan mengakhiri kegiatan pembelajaran sesuai waktu yang ditentukan, tidak ada siswa yang berada di luar kelas saat jam pembelajaran berlansung. Kesungguhan dalam penerapan tata tertib pada sekolah ini berdampak pada prestasi belajar siswa. Sejalan dengan pertanyaan penelitian, sebagai tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan tata tertib sekolah dalam menunjang prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 64/I Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Jenis penelitian adalah pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, sementara teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian penerapan tata tertib sekolah dalam menunjang prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 64/I Muara Bulian adalah guru mengawali penerapan tata tertib sekolah dari diri guru sendiri. Guru datang lebih awal ke sekolah, guru memulai pembelajaran sesuai ketentuan sekolah, guru konsisten selama pembelajaran tetap berada didalam kelas memimpin pembelajaran. Apa yang dilakukan guru juga dilakukan siswa. Siswa datang sebelum jam pembelajaran dimulai, siswa juga konsisten melaksanakan pembelajaran pada tiap mata pelajaran. Sikap tanggung jawab ditunjukkan siswa dengan mengerjakan tugas dan melaksanakan piket. Sementara sikap nasionalisme siswa ditunjukkan dengan mengikuti kegiatan upacara dan tidak pernah bolos sekolah. Kata kunci : tata tertib sekolah, prestasi belajar

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ELA FRISKA
Date Deposited: 10 Sep 2018 05:06
Last Modified: 10 Sep 2018 05:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item