Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Melalui Pembelajaran Project Based Learning Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka

Sa'adah, . and Anggereini, Evita and Natalia, Desfaur (2023) Analisis Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Melalui Pembelajaran Project Based Learning Pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER_SA'ADAH.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I_SA'ADAH.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB V_SA'ADAH.pdf

Download (186kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN, HALAMAN PENGESAHAN, PERNYATAAN_SA'ADAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SA'ADAH.pdf

Download (414kB)
[img] Text
SA'ADAH_A1C419082_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) pada kurikulum merdeka memiliki keterkaitan erat dengan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa didalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran Project Based Learning pada pelasanaan kurikulum merdeka, untuk menganalisis keterampilan proses sains dan sikap ilmiah melalui pembelajaran project based learning pada pelaksanaan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Project Based Learning sudah terlaksana sesuai sintaks. Berdasarkan hasil observasi 5 keterampilan proses sains yang memperoleh kategori hasil sangat baik yaitu keterampilan mengamati, mengajukan pertanyaan, merencanakan proyek, menggunakan alat dan bahan, serta keterampilan menerapkan konsep. Kemudian terdapat 4 indikator keterampilan proses sains yang memperoleh kategori hasil baik yaitu keterampilan klasifikasi, menafsirkan, meramalkan dan berkomunikasi. Berdasarkan hasil angket 3 sikap ilmiah memperoleh kategori hasil sangat baik yaitu sikap ingin tahu, sikap berpikiran terbuka dan kerja sama, serta sikap peka terhadap lingkungan. Kemudian terdapat 4 indikator sikap ilmiah yang memperoleh kategori hasil baik yaitu sikap respek terhadap data/fakta, sikap berpikir kritis, sikap penemuan dan kreativitas, serta sikap ketekunan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Project Based Learning, Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SA'ADAH
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:47
Last Modified: 26 Jun 2023 07:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51121

Actions (login required)

View Item View Item