Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD Sekolah Penggerak TK Khalifah Kota Jambi

Budiman, Yohana Kadademahe (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Satuan PAUD Sekolah Penggerak TK Khalifah Kota Jambi. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (37kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan dan Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Full Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak 1.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang implementasi Kurikulum Merdeka serta faktor penghambat dan faktor pendukungnya, pada satuan PAUD pelaksana program Sekolah Penggerak yaitu TK Khalifah Kota Jambi. TK Khalifah merupakan Lembaga PAUD di Kota Jambi yang lulus seleksi Program Sekolah Penggerak pada Angkatan 1. Semua tenaga pendidik di TK Khalifah adalah Guru Penggerak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik yaitu wawancara, observasi langsung dan pengumpulan dokumen. Informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang, yaitu Kepala Sekolah dan 3 orang tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TK Khalifah telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahapan perencanaan, Kepala Sekolah bersama dengan guru menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) lalu menyusun Modul Ajar dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pada tahapan pelaksanaan, merdeka bermain teramati saat kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran dengan pendekatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pada tahapan akhir, yaitu evaluasi dilakukan bersama-sama antara Kepala Sekolah dan guru terhadap pembelajaran yang telah diimplementasikan sehingga muncul budaya refleksi yang disertai dengan pendampingan dan pengembangan secara professional. Faktor penghambat yang ditemukan adalah pengalaman guru dan kurangnya referensi karena Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang ditetapkan Pemerintah. Faktor pendukung adalah manajemen Kepala Sekolah dan Platform Pembelajaran digital.

Type: Thesis (S3)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: BUDIMAN
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:55
Last Modified: 27 Jun 2023 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51123

Actions (login required)

View Item View Item