Implementasi LKPD Terintegrasi STEM dalam Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Materi Suhu dan Kalor

Putri, Rifani Septya (2023) Implementasi LKPD Terintegrasi STEM dalam Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Materi Suhu dan Kalor. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_ RIFANI SEPTYA PUTRI_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER_RIFANI SEPTYA PUTRI.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK_ RIFANI SEPTYA PUTRI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 1_RIFANI SEPTYA PUTRI.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V_RIFANI SEPTYA PUTRI.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN_RIFANI SEPTYA PUTRI.pdf

Download (361kB)

Abstract

Putri, Rifani, Septya. 2023. Implementasi LKPD terintegrasi STEM dalam kolaborasi dan hasil belajar siswa SMA materi suhu dan kalor: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Implementasi LKPD, STEM, suhu dan kalor Kemampuan kolaborasi siswa terutama di kelas XI MIPA 1 terbilang masih rendah. Kerena, pada saat pratikum siswa malah memainkan handphone dengan alasan di dalam buku cetak tidak lengkap. Keterampilan kolaborasi siswa memiliki keterkaitan dengan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kemampuan kolaborasi dan hasil belajar siswa setelah diimplementasikan LKPD terintegrasi STEM pada materi suhu dan kalor. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental designs jenis onegroup pretest-postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kolaborasi siswa dan instrumen tes hasil belajar siswa. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. LKPD terintegrasi STEM materi suhu dan kalor yang diimplementasikan kepada siswa menghasilkan, bahwa terdapat pengaruh implementasi LKPD teintegrasi STEM dalam kolaborasi dan hasil belajar siswa materi suhu dan kalor. Hal ini dapat dilihat ari hasil uji hipotesis statistic data posttest diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,040 <0,05. Selain itu nilai rata-rata menunjukan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Putri
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:56
Last Modified: 03 Jul 2023 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/51164

Actions (login required)

View Item View Item